HypherChem

Butuh software kimia lagi? Tenang, masih ada lagi nih. Apa itu? Ada Hyperchem! HyperChem merupakan software buatan Hypercube. Inc. Software ini merupakan molecular modeling dimana memiliki tampilan 3D yang terbilang baik. Software ini  dapat digunakan untuk menggambar  struktur  kimia,  optimasi  geometri  dengan  berbagai  macam model, study molecular dinamik dasar, study QSAR, dll. Cara memperoleh aplikasi HyperChem ini dengan Download di website resmi HyperChem. 

Cara Mengoprasikan Software HyperChem

  1. Pastikan sudah menginstallnya dengan baik. Dengan menggunakan Windows, kita mulai dari klik Start, All program, HyperChem.
  2. Selanjutnya ikuti langkah pada gambar berikut.
  3. Ini hasilnya setelah dipilih atom P dan di klikkan pada area kerja.
  1. Berikutnya add hydrogen dari menu Build kemudian klik add hydrogen untuk memunculkan atom H, meskipun atom H tampilannya bertumpuk kita bias memutar dengan klik tool rotate out of plane sesuai langkah yang terterah pada gambar, cara menyeleksi atom H yang akan diganti dengan Cl adalah dengan klik tool select. 
  2. Selanjutnya ubah atom H dengan atom Cl hingga atom H menjadi Cl, caranya klik menu Build, Default Element (akan muncul semacam table periodic dan pilih Cl), klikkan tepat di tengah bulatan seleksi atom H tadi, kalau sudah berubah menjadi Cl artinya sudah terganti H menjadi Cl. Lakukan pada semua H sebagaimana yang diinginkan. 
  3. Lakukan optimasi geometri agar bentuk molekulnya menjadi benar secara kimia komputasi dengan standar hitungan dengan menggunakan salah satu metode, misalnya apabila menggunakan metode Molecular Mechanic. Klik menu Setup pada menu bar. Klik Molecular Mechanic hingga tercentang terus klik ok.
  4. Selanjutnya kita lakukan optimasi geomteri terhadap bentuk molekul yang kita buat. Klik menu Compute, KlikGeometry Optimation… dan klik Ok saja begitu menu pop-up muncul. Selanjutnya tunggu hingga proses optimasi selesai yang ditandai dengan Converged = YES. (ini ada pada bagian status bar, terletak dibagian bawah layar kerja. 
  5. Berikut kalau kita ingin menampilkan hasil dalam berbagai model, seperti yang ditawarkan pada menuDisplay, Rendering, pilih metode rendering yang kita. 
  6. Berikut tampilan bebapa hasil rendering :

    

(source: khumairah.web.unej.ac.id)

Tutorial video: 

  • Cara instalansi Hyperchem

  • Cara mengoprasikan Hyperchem

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *