ChemSketch

Selain Avogadro, ChemDraw, dan ChemCraft, berikut juga ada satu lagi software yang bisa digunakan untuk membantu membuat struktur senyawa yaitu ChemSketch! Kehebatan software ini tidak semata-mata kemampuannya dalam menghasilkan gambar molekul senyawa kimia, tetapi sifat-sifat fisika dari senyawa yang kita gambar pun dapat diketahui. Di samping itu, bagi kebanyakan siswa yang masih bingung bagaimana cara memberi nama suatu senyawa organik, software ini dapat dijadikan guru pribadi. Penasaran? Lets check this out!

  1. Pertama-tama, silakan unduh software ini dari situsnya:http://acdlabs.com/download/chemsketch/capture1.jpg
  2. Klik dua kali file chemsk12.exe untuk menginstall software ChemSketch. Klik Next kemudian ikuti petunjuk instalasi selanjutnya.
  3. Jalankan program Chemsketch dengan mengklik Start > AllProgram > ACDLABS 12.0 > ChemSketch.image002
  4. Klik OK agar kita sampai pada layar editor.
  5. Mulailah menggambar! Untuk menggambar struktur kita bisa menggunakantemplate yang sudah ada atau kita bisa menggambar sendiri. Untuk kasus pertama, kita akan menggambar sendiri struktur pentanol, suatu senyawa dalam golongan alkohol yang mengandung 5 atom karbon.

     

    image004

    image008

    image010
    Dalam Bahasa Indonesia padanan nama 2-ethylpentan-1-ol adalah 2-etil-1-pentanol.

    • Aktifkan tombol Draw Chains atau image003 yang di bagian kiri atas editor. Dalam editor klik dan tarik rantai sampai muncul tulisan C 5 pada ujung rantai sehingga diperoleh gambar rantai seperti berikut.
    • Selanjutnya kita akan menambahkan gugus -OH. Aktifkan tombol Oxygenatau image005 yang ada di sebelah kiri editor, kemudian tambahkan gugus -OH pada ujung rantai dengan cara mengklik salah satu gugus -CH3. Hasilnya adalah struktur pentanol seperti berikut.
       image006

       

       

      Pada struktur di atas, setiap sudut menunjukkan gugus metilen atau -CH2-.

    • Bagimana kalau kita ingin menambahkan cabang? Klik tombol Carbon atau image007 pada bagian samping editor karena cabang akan ditambahkan adalah rantai karbon. Selanjutnya letakkan cursor pada sudut (-CH2-)yang kita inginkan. Kemudian sambil diklik kiri tarik ke atas atau ke bawah untuk menambah rantai karbon sesuai keinginan. Pada contoh ini, kita menambah 2 atom karbon pada C nomor 2 dari kanan. Hasilnya terlihat seperti berikut.
    • Ingin tahu nama sistematik dari struktur yang kita gambar? Kliklah menuTools > Generate >Name for Structure atau ikon pada bagian atas kanan editor atau gunakan shortcut Ctrl+Shift+I. Nama senyawa akan muncul pada bagian bawah struktur.
    • Sofware ini juga menyediakan fitur untuk menghitung sifat-sifat fisika suatu senyawa. Untuk menggunakannya, klik ikon Select/Move atau image011kemudian pilih struktur yang telah kita buat.image012

       

      Setelah itu pilih menu Tools > Calculate > All Properties dan sifat-sifat fisika senyawa pun muncul.

      image013

      Kita dapat mengkopi data tersebut untuk kita paste pada word processor kesayangan kita.

  6. Oke, sekian dulu. Selamat mencoba.

​(source: ilmukimia.wordpress.com dengan beberapa perubahan)

​Berikut saya sertakan video tutorial untuk membantu agar teman semua lebih memahaminya:

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *