How To: Memasang Widget Facebook Comment di Footer Halaman Blog

Hai teman-teman pecinta kimia sekalian. Apa kabarnya? 😀

Kali ini saya mau membagikan sebuah trik untuk para blogger! Trik apakah itu?!

Apabila teman-teman sekalian berkunjung pada blog ini, di homepage atau halaman rumah, pasti selalu menjumpai kolom komentar yang memungkinkan teman semua untuk mem-posting komentar dengan login account Facebook masing-masing. Nah, bagi teman-teman yang punya blog, barangkali ingin mencoba memasang yang seperti itu, silakan coba ikuti petunjuk dibawah ini! Sebagai catatan, saya memakai theme Panoramic yang menyediakan widget footer, mungkin ada beberapa tema yang tidak memiliki widget footer, jadi ini tergantung juga dari tema blog anda, kalau tidak bisa dipasang di footer, mungkin alternatifnya taruh di sidebar.

1. Login dengan account Facebook masing-masing dengan memasukan e-mail atau no telepon dan password. Ingat, pakailah account facebook milik sendiri, jangan orang lain! cheeky

2. Ketik pada new tab di browser anda, alamat berikut: https://developers.facebook.com/docs/plugins/comments/

3. Scroll ke bawah dan temukan Generator Plugin Komentar. Pada kolom URL untuk mengomentari isikan nama blog anda yang ingin diberi facebook comment, seperti contoh saya disini memakai alamat blog ini. Kemudian atur Jumlah Kiriman, ini untuk memuat berapa banyak komen yang akan ditampilkan dan sisanya terhiden dibawah 'Muat komentar lainnya'. Kalau saya disini men-setting 5 saja, agar loading page tidak lama. Bila sudah, lalu klik Dapatkan Kode. 

4. Anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini. Ada 2 box berisi kode yang harus dipasang pada blog anda. Blok dan copy kode pada box pertama.

5. Kemudian masuk pada Dashboard blog dengan memasukan username dan password. Scroll kebawah, temukan Appearance dan klik, lalu pilih Editor. Nah mulai dari sini yang agak susah, ayo hati-hati!

6. Di Editor, anda akan menemukan banyak sekali kode pemrogaman untuk blog. Pergi ke sisi kanan page, dan temukan Theme Header (header.php) lalu klik. Arahkan samping kiri, cari tulisan <body dan pastekan kode dari facebook tadi dibawahnya lalu klik tulisan Update dibawah editor.

7. Masih belum selesai! Anda masih belum menempatkan widget nya. Buka laman facebook developer yang tadi, kali ini copy kan kode di box kedua.

8. Pergi ke Appearance lagi dan kali ini pilih Widgets. Pada bagian Available Widget, klik kotak Text dan drag ke arah editor widget Footer, biasanya di sebelah kanan. 

10. Pastekan kode tadi pada bagian kolom Content di box Text tadi. Beri judul pada Title atau biarkan saja dan terakhir klik save!

Nah bagaimana? Sudah bisa terpasang dengan baik? Mudah bukan hehehe 😀 Selamat mencoba!

If you want to share and copy, please put the source!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *