Sifat Unsur Logam Alkali

Golongan Logam Alkali atau Golongan IA terletak pada sistem periodik unsur pada blok s. Unsur logam alkali (IA) terdiri dari litium, natrium, kalium, rubidium, cesium, dan fransium (zatradioaktif). Unsur ini mempunyai energi ionisasi paling kecil karena mempunyai konfigurasi elektron ns1. Oleh karena itu, unsur logam alkali mudah melepaskan elektron dan merupakan reduktor yang paling kuat.

Semua unsur Golongan IA berwarna putih keperakan, berupa logam padat kecuali Cesium yang meleleh pada 28oC sehingga menjadi cair pada siang hari. Natrium adalah logam Lunak yang dapat dipotong dengan pisau, dan kalium lebih lunak dari Natrium. Logam litium, Natrium, Kalium mempunyai kerapatan kurang dari 1,0g/cm3, akibatnya ketiga logam tersebut akan terapung dalam air, namun ketiga logam tersebut sangat reaktif terhadap air dan reaksinya cukup dahsyat.

Sifat-sifat fisik logam, seperti lunak dan titik leleh rendah menjadi petunjuk bahwa ikatan antar atom dalam logam sangat lemah. Lemahnya ikatan ini akibat ukuran atom logam alkali relatif besar bila dibandingkan dengan unsur-unsur lain yang seperioda. Kecenderungan ukuran ini didukung oleh fakta bahwa logam alkali hanya memiliki satu elektron valensi. Bagaimana titik leleh menurun dari litium ke Cesium. Hal ini boleh jadi diakibatkan oleh jari-jari atom yang bertambah besar, sehingga mengurangi kekuatan ikatan antar atom logam.

 

SIFAT KIMIA

a.    Kereaktifan Logam Alkali 
 
Energi ionisasi logam alkali relatif sangat rendah dibandingkan unsur logam yang lain sehingga termasuk logam yang sangat reaktif. Maka unsur ini cenderung lebih mudah melepas elektronnya. Kereaktifan logam alkali dibuktikan dengan kemudahannya bereaksi dengan air, unsur-unsur halogen, hidrogen, oksigen dan belerang. Maka logam ini harus disimpan di dalam cairan senyawa hidrokarbon, seperti minyak tanah. Yang paling reaktif adalah cesium dan yang kurang reaktif adalah litium. Hal ini dikarenakan kereaktifan logam alkali bertambah dari atas ke bawah dalam sistem periodik. Karena kereaktifannya, unsur alkali tidak ditemukan dalam keadaan bebas di alam. 
 
Hubungan jari-jari dengan kereaktifan logam alkali dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom bertambah besar sehingga jarak antara inti dengan elektron kulit terluar bertambah besar. Dengan demikian besarnya energi untuk melepas elektron valensinya (energi ionisasi) semakin kecil.  Dengan semakin kecil harga energi ionisasi maka dari atas ke bawah ( Li ke Cs ) semakin besar kereaktifannya.
 
b.    Sifat Logam dan Basa Alkali 
 
Logam alkali dapat bereaksi dengan air membentuk basa kuat (misalnya LOH). Semakin ke bawah sifat basa logam alkali semakin kuat. Hal ini dikarenakan dari atas ke bawah dalam sistem periodik semakin mudah untuk direduksi. Dan sifat logamnya semakin kebawah juga semakin kuat. Basa senyawa alkali ini bersifat ionik dan semuanya mudah larut dalam air. Kelarutannya dalam air semakin ke bawah semakin besar.
 
c.    Warna Nyala Logam Alkali
 
Sifat penting logam alkali adalah mempunyai spektrum emisi, yang dihasilkan bila larutan garamnya dipanaskan dalam nyala bunsen. Spektrum emisi adalah warna nyala yang dihasilkan oleh suatu unsur. Spektrum emisi yang dihasilkan setiap unsur berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Warna spektrum ini dapat dipakai dalam analisis kualitatif, yang disebut tes nyala. 
 
 
Reaksi logam alkali dan halogen
 
Reaksi antara logam alkali dengan halogen berlangsung sangat cepat, membentuk halida logam.
 
 
Reaksi:
 
2 M(s) + X2 →2 MX(s)
 
Keterangan :
M = logam alkali (Li, Na, K, Rb, Cs)
X = halogen (F, Cl, Br, I)
 
Contohnya :
 
2K + F2 → 2KF (Potassium fluoride/kalium florida)
 
Reaksi logam alkali dengan Hidrogen 
 
Dengan pemanasan logam alkali dapat bereaksi dengan hidrogen membentuk senyawa hidrida. Senyawa hidrida yaitu senyawaan logam alkali yang atom hidrogen memiliki bilangan oksidasi -1.
 
2L(s) +   H2(g) → 2LH(s)
L =  logam alkali
Misalnya :
 
2Na(s) + H2(g) → 2NaH(s) (sodium hydride/natrium hidrida)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

2 thoughts on “Sifat Unsur Logam Alkali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *